Cara Kerja Mesin Sauna dan Perawatan Ruang Sauna

Cara Kerja Mesin Sauna

Kali ini kita akan membahas mengenai cara kerja mesin sauna yang terpasang pada ruangan sauna. Ruang sauna merupakan ruangan yang didalamnya terdapat udara panas yang suhunya berkisar 60-80 derajat celcius, namun tetap bisa diatur melalui panel control sauna.  Pada ruang sauna ini umumnya terdapat mesin sauna yang bernama stove. Dimana mesin ini berfungsi sebagai tempat atau tungku pemanas yang dilengkapi dengan beberapa elemen pemanas listrik. Fungsi dari elemen pemanas ini adalah  untuk memanaskan batu api sehingga apabila batu api yang sudah panas kita percikan air, maka akan mengeluarkan uap yang berfungsi untuk mengontrol kelembaban kering pada ruangan. Kapasitas stove yang terpasang biasanya telah disesuaikan dengan kubikasi dari ruanagn yang diperuntukan untuk ruangan sauna. Adapun beberapa hal yang dapat disampaikan pada postingan kali ini adalah mengenai komponen-komponen mesin pada ruangan sauna dan bagaimana cara perawatannya.

Cara Kerja Mesin Sauna dan Perawatannya

Komponen-komponen Pada Sistem Mesin Sauna

  • Mesin Sauna (Stove)

Mesin sauna yang disebut stove ini merupakan sebuah tempat atau tungku pemanas yang didalamnya berisi beberapa elemen pemanas listrik yang berfungsi untuk memanaskan batu api, sehingga apabila batu api yang sudah dipanaskan terkena percikan air akan mengeluarkan uap panas.

  • Batu Api

Batu api pada mesin sauna berfungsi untuk melindungi elemen pemanas karena elemen tidak boleh terkena air langsung. Batu api yang telah panas yang digunakan pada mesin sauna ini berfungsi untuk memanaskan air yang telah disiram kedalam tungku. Batu api yang ditempatkan pada stove ini berguna agar air yang disiram pada tungku tidak dapat langsung mengenai elemen pemanas. Ini disebabkan karena elemen pemanas apabila disiram air dengan suhu dingin dapat membuat elemen pemanas menjadi cepat rusak.

Note :

Dalam menuangkan air kedalam batu mesin sauna, tuangkannlah air sedikit demi sedikit dari centong yang telah disediakan. Hal ini dikarenakan apabila air yang di tuangkan terlalu banyak dan mengenai elemen secara langsung dapat menyebabkan elemen pemanas pada mesin sauna menjadi cepat rusak.

  • Panel Control Sauna

Panel control sauna merupakan alat yang berfungsi sebagai panel control untuk mengatur suhu dalam ruangan sauna. Selain untuk mengatur suhu, panel control mesin sauna juga umumnya berfungsi untuk menyalakan atau mematikan mesin sauna, mengatur atau setting waktu timer, sebagai display untuk menampikan suhu dan waktu, dan juga untuk menampilkan trouble.

  • Sensor Sauna

Pada rungan sauna juga terdapat sensor suhu yang berfungsi untuk mendeteksi suhu di dalam ruangan sauna. Pada mesin sauna juga umumnya terdapat proteksi apabila suhu didalam ruangan overheat, sehingga apabila suhu didalam ruangan sauna terlalu panas melebihi standar yang ditentukan maka dapat mematikan mesin secara otomatis.

Cara Perawatan Ruangan Sauna

Ada beberapa perawatan yang mesti dilakukan pada ruangan sauna, dimana diantaranya yaitu :

  • Lakukanlah pengecekan secara rutin mengenai posisi dan kondisi batu sauna, karena hal ini dapat mempengaruhi hasil panas dan kekuatan dari element pemanas yang ada pada mesin sauna.
  • Lakukan pengecekan ruang sauna sebelum dan sesudah penggunaan ruangan sauna untuk memastikan stove dalam keadaan on pada saat start awal dan juga off saat penggunaan stove atau penggunaan ruangan sauna telah selesai.
  • Pada waktu tertentu lakukanlah pembersihan pada kayu ruangan sauna.

Sekian postingan kali ini yang dapat saya sampaikan, apabila ada saran yang perlu ditambahkan silahkan ditulis pada kolom komentar.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *