Cara Program Modul Sensor Infrared FC-51 Dengan Arduino

Ok temen-temen kali ini kita akan belajar Cara Program Modul Sensor Infrared FC-51 Dengan Arduino. Untuk sensor infrared yang kita gunakan disini adalah modul sensor infrared FC-51.

Sensor Infrared FC-51

Modul sensor infrared FC-51 merupakan sebuah sensor yang bekerja untuk mendeteksi adanya hambatan yang berada didepan modul sensor. Modul sensor infrared FC-51 ini memiliki dua bagian utama yang terdiri dari IR transmitter dan IR receiver. Fungsi dari IR transmitter adalah bagian yang bertugas untuk memancarkan radiasi inframerah kepada sebuah objek ataupun hambatan. Sedangkan IR receiver merupakan bagian yang berfungsi untuk mendeteksi radiasi yang telah dipantulkan oleh objek yang berasal dari IR transmitter. Pada bagian IR transmitter ini tampilannya sama seperti LED pada umumnya, akan tetapi radiasi yang dipancarkan tidak dapat terlihat oleh mata manusia.

Bagian-bagian dari modul sensor infrared FC-5.

Selain terdapat IR transmitter dan juga IR receiver, Pada modul sensor infrared ini juga terdapat beberapa bagian yang berupa potensiometer, IC LM393, LED Obstacle dan juga LED power.

Fitur dan Spesifikasi Modul Sensor Infrared FC-51

Fitur :

  • Ketika ada hambatan, lampu indikator hijau akan menyala
  • Output level adalah digital output signal (LOW ketika mendeteksi hambatan)
  • Jarak pendeteksian adalah 2 cm samapai dengan 30 cm
  • Sudut pendeteksian adalah 35°
  • Modul ini menggunakan komparator LM393
  • Rentang jarak deteksi yang dapat disesuaikan melalui potensiometer. Ketika potensiometer diputar searah jarum jam maka berfungsi untuk meningkatkan jarak deteksi, dan apabila berlaanan arah jarum jam maka berfungsi mengurangi jarak deteksi.

Spesifikasi :

  • Tegangan kerja 3-5 V DC
  • Konsumsi arus pada 3,3V = 23 mA dan pada 5V = 43mA
  • Ukuran board 3.2 x 1,4cm
  • Lubang sekrup 3mm

Rangkaian Modul Sensor Infrared FC-51 dengan Arduino

Project yang kita buat kali ini adalah membuat rangkaian sensor infrared untuk mendeteksi hambatan atau objek yang berada berhadapan dengan sensor infrared. Jika terdapat hambatan yang terdeteksi maka buzzer akan berbunyi, kemudian pada program juga akan ditampilkan serial monitor Arduino IDE untuk tanda ada tidaknya hambatan yang terdeteksi pada modul sensor infrared FC-51.

Output dari modul sensor infrared FC-51 ini berupa nilai digital HIGH atau LOW. Output dari modul ini akan bernilai HIGH ketika tidak ada hambatan dihadapan sensor dan akan bernilai LOW ketika mendeteksi hambatan dihadapan sensor.

Cara Program Modul Sensor Infrared FC-51 Dengan Arduino

Rangkaian Modul Sensor Infrared FC-51 dengan Arduino

Perlengkapan yang dibutuhkan:

  1. Arduino UNO
  2. Modul Sensor Infrared PC-51
  3. Buzzer
  4. Kabel jumper
  5. Breadboard

Keterangan Rangkaian dan Pemrograman

  1. Rangkailah semua komponen seperti pada gambar rangkaian diatas
  2. Setelah rangkaian telah selesai, langkah selanjutnya adalah membuat sketch program pada software Arduino IDE seperti contoh program dibawah ini
  3. Compile sketch yang telah dibuat
  4. Hubungkan Arduino UNO dengan komputer menggunakan kabel USB dan upload ke Arduino UNO yang digunakan. (Jangan lupa untuk memastikan board dan port yang digunakan)
  5. Bukalah serial monitor pada Arduino IDE dengan baudrate 9600, sehingga string yang akan ditampilkan berdasarkan nilai digital yang dibaca dari Modul Infrared dapat dilihat.

Contoh Program Rangkaian Modul Sensor Infrared FC-51 dengan Arduino

Penjelasan Dari Program diatas :

  1. Pada void setup terdapat pengaturan yang berfungsi untuk menentukan arah I/O dan juga pengaturan baud rate.
  2. Pin digital 4 diinisialisasilkan sebagai pin output dan pin digital 2 diinisialisasikan sebagai pin input yang digunakan untuk membaca keluaran dari modul sensor infrared FC-51.
  3. Baud rate yang digunakan untuk komunikasi serial pada program ini adalah sebesar 9600bps.
  4. Pada void loop, program akan membaca pin 2 yang hasilnya berupa nilai HIGH atau LOW. Nilai tersebut kemudian disimpan ke variabel hasil dengan tipe integer.
  5. Kemudian pada baris selanjutnya program masuk ke dalam seleksi kondisi if
  6. Pada seleksi kondisi if tersebut, varibel hasil akan diperiksa, apabila variabel hasil bernilai LOW maka program akan mencetak string “Hambatan Terdeteksi” ke serial monitor. Yang diikuti dengan berbunyinya buzzer yang terhubung pada pin digital 4.
  7. Pada seleksi kondisi if yang kedua selanjutnya variabel hasil diperiksa kembali, apabila variabel hasil bernilai HIGH maka program akan mencetak string “Tidak Ada Hambatan” ke serial monitor. Yang diikuti dengan padamnya buzzer yang terhubung ke pin digital 4.
  8. Kemudian diberikan perintah delay selama 200ms.

Hasil eksekusi dari program ini ditampilkan pada serial monitor

Cara Program Modul Sensor Infrared FC-51 Dengan Arduino
Cara Program Modul Sensor Infrared FC-51 Dengan Arduino

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *