Fungsi dan Kelebihan Fire Suppression System

Pada postingan kali ini kita akan belajar mengenai fungsi dan kelebihan Fire Suppression System yang biasanya digunakan pada ruang server, kitchen dan sebagainya. Fire Suppression Systems (FSS) merupakan sistem pemadam kebakaran yang bekerja secara otomatis dan berfungsi untuk memadamkan ataupun mencegah penyebaran api di suatu area yang dilindungi. Pemasangan fire suppression system saat ini sudah menjadi kewajiban terhadap beberapa industri karena dapat membantu mengurangi kerusakan ataupun kerugian baik itu terhadap nyawa manusia maupun peralatan.

Fungsi dan Kelebihan Fire Suppression System

Fungsi dan Kelebihan Fire Suppression System
Fungsi dan Kelebihan Fire Suppression System

Jenis Bahan Fire Suppression Systems

Pemilihan dari jenis bahan pemadam kebakaran yang digunakan pada fire suppression systems  akan disesuaikan berdasarkan situasi tempat yang dilindungi, seperti potensi sumber api, jenis bahan atau benda-benda yang berpotensi terjadi kebakaran. Berikut adalah jenis bahan yang digunakan pada fire susppression systems beserta contoh pengaplikasiannya :

FM 200 Fire Suppression (HFC 227EA)

FM 200 atau dengan nama lain HFC 277EA ini adalah jenis bahan yang paling sering digunakan, bahan FSS jenis ini tidak merusak ozon, tidak membutuhkan pembersihan, dan tidak meninggalkan residu. Untuk pengaplikasian FM 200 ideal untuk ruangan komputer seperti server room, ruang arsip, musium, gudang elektronik, dan tempat penyimpanan benda bersejarah.

Carbon Dioxide (CO2)

Bahan yang digunakan pada FSS lainnya adalah carbon dioxide (CO2). Penggunaan FSS dengan jenis bahan CO2 dapat bekerja secara cepat dan efisien, namun CO2 merupakan gas yang beracun dan sangat berbahaya bagi manusia. Untuk pengaplikasian FSS dengan bahan jenis ini ideal untuk perusahaan percetakan, pabrik pengecetan, serta untuk gudang penyimpanan bahan mudah terbakar.

Dry Chemical Suppression

FSS dengan bahan dry chemical dapat bekerja dengan cepat untuk memadamkan api yang berasal dari cairan mudah terbakar. Untuk pengaplikasiannya FSS dengan jenis bahan dry chemical ideal untuk ruang mekanik, furniture, gudang penyimpanan cairan mudah terbakar.

Wet Chemical Fire Suppression

FSS dengan bahan wet chemical adalah bahan yang berbentuk foam yang bekerja dengan efektif untuk membuat api tidak dapat menyala kembali. Untuk pengaplikasian FSS dengan jenis ini ideal untuk dapur atau commercial kitchen karena pada kitchen terdapat media masak seperti minyak untuk memasak, dan juga terdapat limbah lemak.

Perbandingan Fire Suppression Systems dengan Fire Sprinkler

Penggunaan sistem fire sprinkler sangat umum digunakan pada bangunan karena fungsinya yaitu untuk memadamkan kebakaran dengan media air. Namun penggunaan fire sprinkler sistem dalam memadamkan kebakaran dapat menimbulkan kerusakan pada perangkat yang tidak mengalami kebakaran. Efek yang dapat ditimbulkan adalah area terbakar menjadi basah/banjir dan apabila kita memasangnya pada ruangan-ruangan yang terpasang peralatan elektronik seperti ruang komputer atau ruang server maka dapat menyebabkan peralatan menjadi korosif, selain itu air juga dapat menghantarkan listrik. Sehingga akibat yang dapat ditimbulkan adalah waktu pembersihan menjadi lebih lama dan juga dapat merusak peralatan tertentu seperti peralatan elektronik. Maka dari itu setiap area tentunya memerlukan perlindungan sistem pemadam kebakaran yang berbeda-beda.

Sedangkan fire suppression system memiliki beberapa jenis bahan pemadam yang dapat disesuaikan berdasarkan area yang dilindungi. Penggunaan fire suppression system memiliki beberapa keunggulan dimana diantaranya dapat dilihat dari segi waktu pembersihan yang lebih cepat, meminimalkan kerusakan alat elektronik, tidak berbau dan tidak meninggalkan residu. Sehingga fire suppression sangat cocok digunakan pada ruang server, ruang arsip, ruang kontrol, gudang elektronik, museum, kitchen dan tempat-tempat yang menyimpan peralatan bermuatan listrik lainnya.

Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan fire suppression pada ruang server dan commersial kitchen :

Sistem pemadaman kebakaran di ruang server

Sistem pemadaman kebakaran di ruang server
Sistem pemadaman kebakaran di ruang server

Fire suppression systems sangat penting untuk ruang server karena tujuan utamanya adalah untuk meminimalkan :

  • Kerusakan tempat atau fasilitas
  • Kerusakan peralatan elektronik
  • Kehilangan data perusahaan
  • Kecelakaan kerja bagi karyawan
  • Kehilangan keuntungan karena gangguan operasi bisnis.

Sistem pemadaman kebakaran fire suppression pada dapur komersial

  • Kerusakan tempat dan juga fasilitas
  • Proteksi menyeluruh daerah berbahaya
  • Penutupan gas valve otomatis
  • Bahan pemadam yang aman
  • Kecelakaan kerja bagi karyawan dan pemilik
  • Kehilangan keuntungan karena gangguan operasi bisnis.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *