Fungsi Sistem BAS pada Gedung

Building Automation System atau yang sering kita sebut dengan sistem BAS ini merupakan suatu sistem pemrograman yang berfungsi untuk mengontrol dan memonitor fasilitas penting yang terpasang pada gedung. Baik itu pada sistem penerangan, sistem HVAC, sistem kelistrikan, dan lainnya. Selain monitoring dan controlling pada sistem BAS ini juga berfungsi untuk sequencing yang dapat berguna untuk mengoperasikan chiller secara otomatis. Dengan adanya Building Automation System ini kita dapat mengoptimasi sistem utama pada gedung sehingga bermanfaat untuk manajemen energi dan meminimalisir biaya yang keluar. Pada postingan kali ini kita akan membahas beberapa manfaat atau keuntungan apabila kita menggunakan sistem BAS pada gedung.

Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Building Automation System (BAS) :

  • Sistem Penerangan

Dengan terpasangnya sistem BAS ini, kita dapat mengontrol dan memonitoring sistem penerangan pada gedung, sehingga kita dapat mematikan atau menghidupkan grup lampu yang terpasang melalui satu titik control. Selain itu dengan sistem BAS ini, kita dapat mengatur jadwal operasi sistem penerangan sehingga kita dapat menghemat energi saat bangunan atau ruangan apabila sedang dalam keadaan kosong.

  • Sistem HVAC

Pada HVAC sistem BAS memiliki peranan penting dalam manajemen energi karena pada sistem ini terdapat mesin pendingin seperti chiller beserta komponen-komponennya. Yang dimana sistem tersebut umumnya mengkonsumsi energi lebih dari 50% dari total energi yang digunakan. Sistem BAS pada chiller umumnya berfungsi sebagai sequencing yang berguna untuk mengatur hidupnya chiller beserta komponen lainnya dengan urutan yang tepat. Sehingga sistem chiller dapat bekerja secara otomatis. Pada sistem HVAC ini juga terdapat berbagai macam sensor seperti water temperatur sensor, pressure transmitter, waterflow switch dan lainnya.

Berikut adalah bagian-bagian sistem HVAC yang terkontrol oleh Building Automation System :

  1. Chiller
  2. Chilled Water Pump
  3. Condenser Water Pump
  4. Cooling tower
  5. Make Water Tank
  6. AHU
  7. FCU
  8. Fresh Air AHU
  9. Coldroom

Baca juga : Fungsi Komponen-komponen pada Chiller

  • Sistem Electrical

Building Automation System pada sistem electrical berfungsi untuk memantau atau sebagai monitoring penggunaan energi listrik pada setiap panel yang sudah terpasang modbus power meter. Selain itu pada sisi genset umumnya terpasang sensor current transducer, frequency transducer dan juga voltage tranducer.

  • Sistem Mechanical

Building Automation System pada sistem mechanical umumnya berfungsi untuk mengontrol dan monitoring clean water sistem, hot water sistem, sewage water system dan lainnya. Pada sistem-sistem tersebut fungsi BAS berguna untuk mengontrol pompa. Sistem BAS ini juga terkoneksi dengan VSD sehingga kontrol dari VSD tersebut dapat disesuaikan dengan beban yang dibutuhkan. Sensor yang digunakan pada sistem ini biasanya dilengkapi dengan water level switch, water flow meter, water temperatur sensor.

Baca juga : Fungsi VSD Serta Kegunaannya pada Hotel dan Industri

  • Sistem Fan

Building Automation System pada sistem fan berfungsi untuk mengontrol intake dan exhaust fan yang terpasang pada gedung. Sehingga sirkulasi udara dalam ruangan dapat terjaga dengan baik.

Kurang lebih sekian yang dapat saya sampaikan mengenai Fungsi Sistem BAS pada Gedung. Apabila ada pertanyaan bisa disampaikan pada kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terimakasih

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *