Outdoor AC Mati ? Begini Langkah Mengeceknya

Outdoor AC mati ? Begini langkah mengeceknya. Ada beberapa masalah yang dapat menyebabkan AC menjadi tidak dingin, maka dari itu untuk memastikan penyebab masalah yang terjadi pada AC yang kita miliki dirumah, kita membutuhkan tahap-tahap pengecekan. Pada postingan sebelumnya di web egsean.com sudah admin jelaskan tentang penyebab-penyebab kenapa AC menjadi tidak dingin serta penyebab outdoor AC mati. Namun masih banyak teman-teman yang masih bertanya mengenai masalah ac mereka mengenai penyebab indoor ac menjadi tidak dingin karena Outdoor AC mati, baik itu dilihat dari kipas outdoor yang tidak berputar, sampai kompresor yang tidak hidup. Berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang ada pada komentar artikel tersebut. Saya akan menjelaskan bagaimana langkah-langkah mengecek AC tidak dingin karena outdoor AC mati.

Langkah-langkah Mengecek AC Tidak Dingin :

“Kenapa AC saya tidak dingin walaupun indoor hidup tapi hembusan udara yang dikeluarkan tidak dingin ? ”

“Kenapa indoor AC hidup tapi outdoor mati ? “.

“Ac outdoor saya skrg tiap ac dinyalakan, kompresornya cuma nyala tepat per 5 menit sekali, dan sekali nyala hanya bertahan sekitar 5 detik. Knapa ya kira2 ?

Nah berikut adalah saran saya untuk melakukan langkah-langkah mengeceknya :

1. Menghidupkan AC dengan Normal

Outdoor AC Mati Begini Langkah Mengeceknya

  • Hidupkan terlebih dahulu AC selama beberapa menit, dan pastikan settingan remot AC berada pada posisi cool dan ubah temperatur sedingin mungkin.

2. Pengecekan Modul AC pada Indoor

  • Setelah menunggu kurang lebih 10 menit sejak AC di hidupkan, apabila outdoor masih belum hidup, bukalah penutup cover diindoor.
  • Kemudian buka penutup pada bagian modul AC sampai terlihat terminal koneksi kabel yang terhubung antara input dan output modul AC.
  • Kemudian cek terminal yang mengarah pada outdoor apakah ada tegangan listrik atau tidak. Jika ada tegangan yang keluar, maka unit indoor normal. Pastikan juga pada indoor bahwa blower pada indoor bekerja. Kemudian lanjut ke langkah berikutnya.

Apabila dalam waktu yang cukup lama, modul indoor tidak mengirim tegangan ke outdoor, masalah yang patut dicurigai adalah :

  • Modul PCB AC bermasalah, lakukan pengecekan pada komponen modul, dari relay sampai dengan thermistor. Apabila terjadi kerusakan, sebaiknya di ganti dengan modul atau thermistor yang baru.

3. Pengecekan Bagian Outdoor

Setelah pengecekan indoor selesai, lanjutkanlah dengan mengecek bagian outdoor. Pengecekan yang pertama dilakukan adalah mengecek tegangan pada terminal outdoor. Apakah ada suplai power dari indoor atau tidak. Teman-teman bisa menggunakan tespen ataupun multitester untuk pengecekan tegangan pada terminal outdoor.

Apabila tidak ada tegangan suplai dari indoor maka cek kabel yang berasal dari indoor yang menuju ke outdoor, hal ini untuk memastikan apakah kabel ada yang terputus atau tidak. Setelah terdapat tegangan yang menuju ke bagian outdoor AC, selanjutnya kita mengecek beberapa hal yang menyebabkan kompresor mati.

Penyebab Outdoor AC Mati

Trouble yang terjadi pada bagian outdoor biasanya ditandai dengan 2 kasus yaitu :

1. Kipas outdoor hidup tapi kompresor tidak bekerja semestinya

  • Untuk penyebab masalah pertama yaitu masalah kompresor mati atau tidak bekerja dengan semestinya dapat kita lakukan pengecekan dengan cara mengecek overload pada kompresor. Apakah overload dalam keadaan baik atau tidak. Kemudian jika overload sedang bekerja maka overload akan bertugas untuk memutus arus listrik yang menuju ke kompresor, ini terjadi karena terdapat panas berlebih pada kompresor sehingga proteksi pada kompresor bekerja. Selanjutnya cek keadaan kompresor untuk kasus seperti ini. Untuk mengatasi kompresor yang overload akan dijelaskan pada artikel dibawah ini.

Baca juga : Cara Mengatasi Kompresor Panas dan Overload pada AC

  • Masalah yang kedua apabila kompresor tidak mau hidup dengan baik atau hidup mati secara berulang dengan cepat. Maka dapat dicurigai terdapat kerusakan pada starting kapasitor kompresor.

2. Kipas outdoor mati tapi kompresor hidup

  • Untuk kasus seperti ini, komponen yang harus di cek adalah kapasitor kipas dan juga motor kipas tersebut. Pada umumnya kipas yang mati disebabkan oleh kapasitor kipas yang sudah mulai rusak. Apabila kapasitor sudah diganti tapi kipas tetap tidak hidup, maka dapat curigai terdapat kerusakan pada motor kipas outdoor.

Baca juga : Cara Mengatasi Kompresor AC Tidak Mau Start

Sekian postingan mengenai penyebab outdoor ac mati, dan juga langkah-langkah untuk mengecek outdoor ac mati. Apabila ada pertanyaan, silahkan tuliskan di kolom komentar dibawah ini, dan apabila ada penjelasan yang, maka akan saya update kembali.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *